Facebook

Selasa, 03 Juli 2012


KOMPUTER UNTUK PENDIDIKAN


Sejarah Singkat Tentang Komputer
Dijaman modern ini semua pekerjaan dilakukan dengan menggunakan satu alat yang dinamakan dengan komputer. Anda tentu tidak asing lagi bila mendengar kata ‘komputer’. Sebuah benda 'ajaib' yang bisa menampilkan apa saja. Komputer seolah sudah menjadi denyut nadi kehidupan manusia. Seperangkat benda ajaib yang sistemik ini pertama kali dibuat oleh Howard H. Aiken pada 1937.
Secara bahasa, kata komputer berasal dari bahasa Latin, computare, yang artinya menghitung. Seiring dengan perkembangan zaman, definisi komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk menghitung dan mengolah data dengan cepat sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori.
Pada 1646, orang banyak mengartikan kata komputer dalam bahasa Inggrismerujuk pada orang yang yang menghitung. Kemudian, pada 1897, kata tersebut mengarah pada pengertian alat hitung mekanis.
                                     gambar -gambar komputer masa lalu





keinginan mempunyai komputer mesin tik dan tv butut pun jadi seperti perangkat komputer 

Bagian–bagian Komputer
Didalam komputer terdiri dari dua perangkat utama, yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Apa itu hardware dan apa itu software, hardware atau biasa disebut perangkat keras menurut H Hudiana adalah peralatan disistem computer yang terlihat dan dapat dijamah, dengan kata lain hardware adalah alat-alat atau benda-benda yang tersusun sebagai bagian dari komputer. Sedangkan software adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Hardware (perangkat keras) terdiri atas:
CPU atau Central Prosessing Unit, merupakan bagian yang mengolah data. Di dalam CPU terdapat:
1.  Motherboard atau mainboard.
2.  Processor.
3.  Hard Disk.
4.  Power Supply.
5.  VGA Card.
6.  Sound Card.
7.  Kabel ATA/SATA.
8.  Memory Card.
9.  Monitor, analog, dan digital.
10. Keyboard.
11. Mouse. 

gambar bagian-bagian komputer
bagian 1 


bagian 2

Sedangkan Software (perangkat lunak) terdiri atas:
Sistem Operasi (OS atau Operating System), merupakan program dasar komputer yang berfungsi sebagai penghubung hardware. Sistem operasi tersebut yang umum digunakan di antaranya: Linux, Windows, Mc OS. Bagian–bagian sistem operasi terdiri dari:
·       Kernel, inti sistem operasi.
·       Boot, tempat meletakkan kernel dalam memori.
·       Command Interpreter atau pembaca input.
·       Pustaka, kumpulan fungsi dasar yang dapat ditarik oleh aplikasi lain.
·       Driver, berfungsi untuk berinteraksi dengan hardware dan mengontrolnya.
Program Komputer, merupakan aplikasi tambahan dalam sistem operasinya.
Jenis Komputer
Berdasarkan data yang diolah, jenis komputer terbagi atas:
1.  Komputer analog; sifatnya mengolah data secara paralel dan kontinyu, datanya berupa angka–angka seperti data tentang arus listrik, kecepatan angin, gelombang suara, temperatur, dan lain-lain.
2.  Komputer digital; komputer operasi hitung dengan proses aritmatik dan logika. Contohnya, calculator dan IBM PC.
3.  Komputer hibrid; menggabungkan komputer analog dan digital. Komputer ini biasa digunakan sebagai pengendali robot pekerja di pabrik 

Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Sebelum memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun guru seharusnya dapat memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0 -2 tahun anak mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2 – 7 tahun anak mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7 – 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak langsung olehnya.
Sepertinya dua dekade kedepan anak-anak kita mainannya seperti ini :



Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.
Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).
Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis. Harapan-harapan ini mungkin terwujud diwaktu yang akan datang yang akan dirasakan oleh anak cucu kita. Dengan perkembangan yang cukup cepat maka pastinya dunia pendidikan kita akan berganti dari yang manual menjadi digital.
Admin : asepcahyadin@gmail.com 

2 komentar: