Facebook

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 23 Desember 2020

 

PGP-1-KABUPATEN GARUT-ASEP CAHYADIN-1.3-AKSI NYATA

 

Laporan Aksi Nyata

Visi Guru Penggerak  Memberikan Tambahan Belajar

Untuk Persiapan Kegiatan Penilaian Akhir Semester

Oleh:

Asep Cahyadin, S.Pd.M.Pd

SDN 3 Karanganyar Kecamatan Leuwigoong

Calon Guru Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Garut


 

 

 

 

Latar Belakang

Tak terasa kegiatan belajar mengajar sudah dipenghujung waktu diakhir semester ganjil tahun ajaran 2020-2021. Meskipun kegiatan belajar dalam keadaan tidak normal karena masa pandemic, tetapi proses pembelajaran harus terus berlangsung. Model pembelajaran beralih menjadi Pembelajaran jarak jauh dengan metode Daring dan luring ataupun blended learnig kedua duanya dipakai dalam kegiatan pembelajaran.

Tugas para guru lah untuk berinovasi dan menjalankan kreatifitas kreatifitas dalam menghadapi masa masa sulit seperti ini. Kita tahu bahwa hanya persekolahan saja yang sampai saat ini tidak diperbolehkan dibuka dengan kata lain proses kegiatan tatap muka masih dilarang.  Terjalinnya komunikasi dengan para siswa adalah salah satu hal penting dalam melakukan proses belajar. Dengan cara apapun yang terpenting kegiatan belajar dapat tersampaikan dan dilaksanakan dengan mengacu pada protocol kesehatan yang telah ditetapkan

Program program pendidikan diwajibkan tetap dilaksanakan, salah satunya kegiatan Penilaian. Diakhir semester biasanya kegiatan Penilaian dilaksanakan pada saat sekarang disaat pandemic pun tetap dilaksanakan yang kita sebut  Ulangan Akhir Semester. Hasil akhir dari proses kegiatan belajar pada paruh satu semester ini diadakan ulangan disertai pembagian rapot kepada para siswa untuk disampaikan kepada orang tuanya.

 Sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan kemampuan anak, maka perlu adanya tambahan kegiatan belajar dengan memberikan soal soal latihan kepada anak. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan para siswa dalam menghadapi kegiatan penilain akhir semester.

Tentu saja hal ini harus didiskusikan dengan berbagai pihak supaya program tambahann kegiatan belajar ini dapat berjalan dengan lancer. Mulai dari atasan dan guru sejawat  disekolah juga terhadap orang tua , supaya semua dapat berperan sesuai porsinya dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Deskripsi Aksi

            Atas dasar latar belakang yang telah dipaparkan  di atas dan berpedoman pada dasar-dasar pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, bahwa pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya. Kodrat tersebut terdiri dari kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan di mana anak berada.

            Pada kegiatan aksi nyata ini saya ingin memberikan kegiatan tambahan belajar para siswa dengan melakukan kegiatan pengerjaan latihan soal-soal dalam menghadapi kegiatan Penilaian akhir semester. Latihan soal-soal mata pelajaran diharapkan dapat memberikan wawasan pengetahuan lebih terhadap siswa siswa supaya dapat maksimal dalam mengerjakan soal soal ulangan di kegiatan PAT.

            Setelah soal dikerjakan kemudian diperiksa mandiri dengan bimbingan dan mencoba membahas soal persoal untuk dijadikan patokan para siswa sebagai jawaban yang benar dalam pengerjaan soal soal. Nantinya para siswa semakin memahami dan hafal untuk menjawab soal soal yang akan keluar di kegiatan ulangan PAT.  

            Tahapan-tahapan dalam melakukan aksi ini adalah sebagai berikut:

1.      Menyampaikan rencana aksi dan meminta ijin atasan serta meminta dukungan moral rekan sejawat.

2.      Melaksanakan rapat sekolah untuk menentukan dan menetapkan kegiatan ini, yang selanjutnya membuat jadwal kegiatan belajar tambahan

3.      Mempersiapkan alat-alat pendukung untuk pelaksanaan kegiatan.

4.      Menyampaikan hasil rapat dan jadwal kegiatan terhadap orang tua dan meminta tanggapan orang tua.

5.      Setelah ada tanggapan positif dari orang tua, tahap kegiatan yang dilaksanakan sesuai jadwal satu minggu sebelum kegiatan jadwal PAT dilaksanakan kegiatan belajar tambahan dengan mengisi latihan soal.

6.      Membuat laporan dalam bentuk artikel, menyampaikan hasil kepada atasan dan memaparkannya pada rekan sejawat

7.      Melakukan refleksi dan evaluasi

Kegiatan latihan soal ini dilaksanakan oleh seluruh siswa mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada mata pelajaran PJOK

 

Hasil

Sesuai dengan tujuan awal dari aksi nyata ini yaitu meskipun masa pandemic tetapi kegiatan belajar harus terus berlangsung dan pelayanan pada belajar anak harus tetap dijalankan, maka dengan memberikan tambahan belajar dengan mengerjakan latihan soal soal siwa mendapatkan pengalaman lebih dan pengetahuan tambahan juga siap dalam menghadapi kegiatan ulangan PAT. Para orang tua pun menyambut setuju dan merekapun dapat mendampingi kegiatan ini dirumah masing masing dengan memantau kegiatan belajar tambahan yang dilakukan siswa selama satu minggu.

 

Rencana Perbaikan

            Tidak semua siswa mempunyai peralatan berbentuk HP/gawai untuk menunjang proses belajar dan program tambahan belajar. Kedepannya sekolah harus memikirkan para siswa yang belum memiliki perangkat untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh ini khususnya di pembelajaran daring, dengan cara mencari bantuan, atau bantuan pemeritah khusus siswa  diperuntukan untuk pembelian HP. Karena program tindak yang sekarang untuk mengantisipasi yang tidak punya perangkat dengan membentuk kelompok terdekat selingkungan masih belum berjalan maksimal, artinya siswa harus memiliki satu Handphone satu siswa . Hal ini berdasarkan kebijakan-kebijakan dan situasi pandemic yang masih belum berakhir yang mempengaruhi proses kegiatan belajar akan tetap Jarak jauh.

Lampiran

Rancangan Tindak Aksi Nyata 1.3


 

 

Dokumentasi Kegiatan

Lampiran 1

FOTO KEGIATAN ANAK BELAJAR TAMBAHAN



 


Lampiran 2

CONTOH SOAL UNTUK LATIHAN PERSIAPAN UAS




Dokumentasi Jadwal Kegiatan

NO

JADWAL TAMBAHAN BELAJAR HARI DAN WAKTU BELAJAR

KELAS 1

KELAS 2

KELAS 3

KELAS 4

KELAS 5

KELAS 6

1

SENIN

11.00 – 12.00

SELASA

11.00 – 12.00

RABU

11.00 – 12.00

KAMIS

11.00 – 12.00

JUM’AT

13.00 – 14.00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SABTU

11.00 – 12.00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikian laporan aksi nyata untuk Modul 1.3, kritik dan saran yang membangun sangat saya nantikan , akhirnya saya sampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan aksi nyata ini, semoga amal yang telah dilakukan mendapat balasan pahala yang berlipat dari Allah SWT.


Asep Cahyadin

CGP Garut