Facebook

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 02 Agustus 2012

JAWABAN UTS PTI ANGKATAN 6



 PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM PASCASARJANA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN GARUT

UJIAN TENGAH SEMESTER

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

JAWABAN UTS PTI ANGKATAN 6
KODE UJIAN 16


NAMA : ASEP CAHYADIN, S.Pd

NIM   : 11868005


1.    Teknologi Informasi terdiri dari dua kata yaitu Teknologi dan Informasi. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Teknologi berarti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, sedangkan Informasi yaitu pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu. Teknologi Informasi (Information Technology) biasa kita singkat dengan TI, IT atau Infotech. Menurut Haag dan Keen (1996) ; Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemerosesan informasi. Menurut Martin (1999) ; Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memperoses dan menyimpan informasi, melainkan juga yang mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi. Sedangkan menurut Williams dan Sawyer (2003) ; mengungkapkan bahwa Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi(komputer) dengan jalur komunikasi  kecepatan tinggi yang membawa data, suara dan vidieo. Dari definisi-definisi para ahli tersebut menunjukan bahwa teknologi informasi tidak terbatas pada peralatan yang dipakai atau pada benda yang diberi nama computer tetapi juga memerlukan teknologi lain yaitu Teknologi Telekomunikasi. Artinya bahwa Teknologi Informasi tidak dapat dipisahkan dengan Teknologi Telekomunikasi yang kedua-duanya saling berkaitan, maka Teknologi Informasi merupakan gabungan dari Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi. Beberapa peranan dan manfaat Teknologi Informasi

  1.      TI memiliki effek besar dan dampak signiifikan
  2.      TI mempengaruhi struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegatan.
  3.      TI mempengaruhi banyak aspek pekerjaan / organisai.
Disamping peran dan manfaat diatas Teknologi Informasi memiliki Tujuan untuk memecahkan masalah, membuka kreativitas, effektivitas, dan efesiensi dengan Prinsip High Tech…High Touch. 
Teknologi Informasi memiliki beberapa Fungsi diantaranya

  •  Menangkap (capture).
  •  Mengolah (processing)
  •  Menghasilkan (generating)
  •  Menyimpan (storage)
  • Mencari kembali (retrieval)
  •   Melakukan Transmisi (transmition)
Dan hal yang bisa kita dapatkan dari Teknologi Informasi dengan keuntungannya yaitu speed, consistency, precision, reliability.

2.    Secara bahasa komputer berasal dari bahasa latin, computare yang artinya menghitung. Seiring dengan perkembangan jaman, definisi computer secara umum adalah alat yang dipakai untuk menghitung dan mengolah data dengan cepat sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori. Menurut Hamacher computer adalah mesin hitung elektronik yang cepat dengan menerima informasi input digital dan menghasilkan output berupa informasi. Sedangkan Sanders (1985); computer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memperosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang tersimpan dalam memori. Pada mulanya computer di artikan sebagai alat atau mesin penghitung, tetapi dengan berkembangnya jaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi computer berubah fungsi menjadi multifungsi sebagai pengolah data dan informasi untuk mempermudah pekerjaan manusia. Jadi computer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
gambar seperangkat komputer dan alat lain yang mendukungnya 


3.  Piranti atau bisa juga perangkat adalah bagian-bagian dari computer yang menyusun menjadi satu kesatuan dengan fungsi-fungsi khusus dan berbeda-beda. Piranti computer terbagi menjadi dua bagian:

  1.         Piranti/perangkat keras;
  2.         Perangkat lunak;

Perangkat keras atau hardware terbagi menjadi Piranti masukan (input device) dan Piranti Keluaran (output device). Piranti masukan (input device) berhubungan dengan proses perekaman dan cara pemasukan data kedalam system computer dengan cara memberi perintah ke computer, contoh:

Keyboard fungsinya untuk pengetikan


Sedangkan Piranti Keluaran (output device) adalah piranti yang berhubungan dengan proses keluaran data dan informasi yang memungkinkan pengguna bisa melihat atau mendengarkan hasil dari proses-proses masukan (input devices) contoh :

Monitor fungsinya gambar dan vidieo 

:

Perangkat Lunak atau biasa disebut software adalah program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data. Program itu sendiri berarti deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki. Macam-macam software :
-       Software komersial
-       Software domain public
-       Shareware
-       Rentalware
-       Free software
-       Free ware
-       Open source
Software juga dikelompokan menjadi dua bagian yaitu :
a.    Software atau perangkat lunak aplikasi yaitu program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas spesifik, misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan

                                                 Contoh winamp


b.  Software atau perangkat lunak system yaitu program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya computer, baik yang bersifat internal (misalnya RAM) maupun eksternal (misalnya printer) kedudukan program ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras computer

Contoh : windows 7


4.    Pemograman berasal dari kata program yang berarti kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program). Pemograman adalah urutan perintah yang disusun sedemikian rupa, sehingga computer dapat melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai. Didalam pemograman ada istilah bahasa pemograman atau sering diistilahkan dengan bahasa computer yang berarti teknik komando/instruksi standar untuk memerintah computer. Bahasa pemograman inii merupakan suatu set atau atau aturan sintaks dan semantic yang dipakai untuk mendefinisikan computer. Bahasa ini memungkinkan sesorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah computer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan dan jenis apa saja secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Sedangkan sejarahnya perkembangan bahasa dalam computer terbagi menjadi lima generasi yaitu :
  • -       Generasi I bahasa mesin menggunakan kode-kode biner ( O dan I ) dengan basis dasar transistor On=1 dan off=O.
  • -       Generasi II Low Level Langguage yaitu penyempurnaan bahasa mesin yang sudah memasukan unsure bahasa Inggris meskipun dalam bentuk singkat.
  • -       Generasi III High Level Language yaitu bersifat machine independent dengan bahasa pemograman aras tinggi seperti basic, cabol,PL/1, pascal, algol, prolog dan lain-lain
  • -       Generasi IV bahasa deklaratif, bahasnya sudah jauh lebih mudah ditulis dengan instruksi bahasa percakapan sehari-hari.
  • -       Generasi V object oriental language yaitu bahasa disebut murni OO bahasa karena segala sesuatu didalamnya diperlakukan secara konsisten sebagai sebuah object.

Untuk langkah-langkah pemograman yaitu :

  1.  Mendefinisikan
  2.  Mengimplementasikan
  3.  Mengkompulasi
  4.  Menguji 
  5. Dokumentasi 
  6. Pengmbangan

5.   Multimedia terdiri dari dua buah kata yaitu multi yang berarti banyak atau bermacam-macam sedangkan media berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Arti multimedia adalah sebagai penggunaan beberapa media yang digabungkan untuk menyampaikan informasi atau juga perpaduan yang harmonis antar berbagai media teks, gambar, audio, animasi secara sinergis untuk membantu mencapai tujuan berbagai kegiatan. Istilah multimedia asalanya berawal dari teater bukan computer yaitu pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium dan seringkali disebut pertunjukan multimedia. Menurut Hofstetter (2001): multimedia dalam konteks computer adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Hubungan multimedia dengan bidang pembelajaran adalah bahwa media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru terhadap siswanya yang bisa dilakukan dengan media persentasi dan multimedia interaktif. Proses pembelajaran dapat menerapkan multimedia sebagai alat dalam pencapaian tujuan. Salah satu alasan kenapa mutu pendidikan di Indonesia rendah dikarenakan motivasi belajar siswa yang rendah karena pada saat proses pembelajaran guru kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif. Media pembelajaran berarti sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran dan ketika media ini dipergunakan oleh para guru maka akan tercipta pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Tiga hal trend pemanfaatan untuk media diantaranya; terintegrasi, konfergensi dan interaktif.

6.   Internet adalah jaringan computer yang saling terhubung keseluruh dunia dimana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis bahkan sampai ke yang interaktif. Menurut Lani Sidharta, (1996) ; bahwa secara fisik internet adalah interkoneksi antar jaringan computer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi dari internet adalah informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu data base atau perpustakaan multim dan edia yang sangat besar lengkap dan dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain(dunia maya) karena hamper semua aspek kehidupan didunia nyata ada di internet. Sejarah lahirnya internet diawali tahun 1967-1972 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA atau ARPANET. Awalnya internet merupakan jaringan computer antar lembaga ini dengan mendemonstasikan hardware dan software computer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak hingga melalui saluran telepon. Beberapa akses internet yang bisa didpatkan:
a .    Akses internet dial up
b .    Akses internet ADSL
c .    Akses internet mobile
d .    Akses internet wireless
e .    Akses internet hotspot
Internet kaitannya dengan pembelajaran merupakan jembatan yang meng hubungkan dinamika keilmuan artinya bahwa setiap materi bisa didapatkan dengan mudah, cepat, akurat dan lengkap dari berbagai sumber yang ada. Sebagaimana kita ketahui bahwa kelengkapan sumber informasi konvensional (perpustakaan) masih rendah dibandingkan dengan Negara-negara lain. Bahwa internet adalah salah satu solusi untuk mengakses informasi dan keilmuan keberbagai sumber. Dengan internet sebagai media pembelajaran guru dan siswa dapat berkomunikasi dan menemukan berbagai tambahan informasi lainnya dari materi-materi yang telah dipelajari. Dengan internet juga para siswa bisa diajak keliling dunia tanpa harus keliling yang sebetulnya hanya cukup dengan browsing dan mengakses apa yang dibutuhkan. Sisi positive dan negative pasti ada tetapi peran gurulah yang paling dominan dalam membimbing anak-anak siswa dalam menggunakan internet.

7.    TOUCHPAD adalah piranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan diatasnya. Touchpad banyak digunakan pada computer jenis laptop karena tak memerlukan tempat kerja yang luas.               Contoh Gambar


SCANNER adalah piranti yang dapat mengambil masukan data, gambar, foto bahkan juga tulisan tangan yang hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan didalam disk.
Contoh Gambar 



BOOLEAN SEARCHING OPERATOR adalah salah satu cara pencarian informasi dengan menggunakan kata kunci AND, AND NOT, OR,  artinya mesin pencari akan mencari informasi berdasarkan Kata kunci AND dan page yang mengikuti AND NOT akan diabaikan.

CPU merupakan singkatan dari Central Proccesing Unit kalau kita alih bahasakan yaitu Unit Pengolah Pusat. Sepertinya bahasanya kurang pas tapi biasanya kita menyebutnya dengan processor. CPU adalah otaknya computer, merupakan bagian dari perangkat keras yang tugasnya melakukan pemerosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi computer secara keseluruhan. CPU ini terdiri dari dua bagian yaitu ALU(arithmetic logical unit) sebagai pusat pengolah data dan CU(control unit) sebagai pengontrol kerja computer. 
Gambar  



SUMBER :
- MATERI PERKULIAHAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI 
   OLEH  DR H HUDIANA HERNAWAN, M.Si