Facebook

Kamis, 15 Januari 2015

Teori Belajar

TEORI BELAJAR
Apa Teori ?
Teori adalah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai sesuatu peristiwa. (Kamus Besar Indonesia cetakan ke IV th 1995)
Apa Konsep ?
Konsep adalah pengertian yang di abstrakkan dari peristiwa kongkrit (Kamus Besar Indonesia cetakan ke IV th 1995)

Kata belajar menurut KBBI adalah
(1) berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu: adik ~ membaca;
(2)berlatih: ia sedang ~ mengetik; murid-murid itu sedang ~ karate;
(3) berubah tingkah laku atau tanggapan yg disebabkan oleh pengalaman.
BELAJAR menurut Hilgard dan Brower mendefinisikan sebagai perubahan dalam perbuatan melalui aktivitas praktek dan pengalaman.

BELAJAR merupakan proses perubahan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman dan latihan.
Perubahan tingkah laku berpangkal dari pandangan tentang hakikat manusia ada dua pandangan yaitu :
1.    Pandangan Jhon locke yang memberikan pandangan bahwa manusia itu merupakan organism yang bersifat pasif. Dengan teori tabularasanya  yang menganggap bahwa manusia itu seperti kertas putih, hendak ditulisi apa kertas itu sangat tergantung orang yang menulisnya pandangan ini memunculkan aliran belajar behavioristik-elementeristik.
2.    Pandangan liebnitz menanggap bahwa manusia adalah organisme yang aktif. Manusia merupakan  sumber dari semua kegiatan. Pandangan ini memunculkan aliran belajar kognitif holistic.
Macam-macam Teori Belajar
Ada tiga kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme,  teori belajar kognitivisme, dan  teori belajar konstruktivisme.  
1.    Teori belajar behaviorisme hanya berfokus pada aspek objektif diamati pembelajaran.
2.    Teori kognitif melihat melampaui perilaku untuk menjelaskan pembelajaran berbasis otak.
3.    Dan pandangan konstruktivisme belajar sebagai sebuah proses di mana pelajar aktif membangun atau membangun ide-ide baru atau konsep.

aTeori belajar yang termasuk kedalam teori belajar behavioristik
1.    Koneksionisme. Dengan tokohnya Thorndike.
Bahwa terjadinya belajar adalah pembentukan asosiasi antara kesan yang ditangkap pancaindra dengan kecenderungan untuk bertindak atau hubungan antara stimulus dan respon (S - R). adapun hokum-hukum belajarnya adalah :
a.    Hukum Kesiapan (law of readiness) hubungan antara S-R akan mudah terbentuk apabila ada kesiapan dalam diri individu.
b.    Hokum Latihan (law of exercise) hukum ini menunjukan bahwa hubungan S-R akan semakin kuat manakala terus menerus dilatih atau banyakpengulangan.
c.    Hokum akibat (law of effect) kuat atau tidaknya hubungan S-R tergantung kepada akibat yang ditimbulkannya.
Dari ketiga hokum ini konsep penting teori belajar koneksionesme ini adalah transfer of training .
2.    Classical conditioning dengan tokohnya Pavlop dan Watson
Teori ini menunjukan bahwa untuk membentuk tingkah laku tertentu harus dilakukan secara berulang-ulang dengan melakukan pengkondisian tetentu.
3.    Operant Conditioning dengan tokohnya Skiner.
Teori menyebutkan bahwa untuk membentuk tingkah laku tertentu perlu diurutkan atau dipecah-pecah menjadi bagian-bagian atau komponen-komponen tingkah laku yang spesifik, selanjutnya agar terbentuk pada tingkah laku yang diharapkan pada setiap tingkah laku yang spesipik yang telah direspon perlu diberikan hadiah (reinforcer) agar tingkah laku it uterus menerus diulang serta memotivasi agar berlanjut kepada tahap komponen tingkah laku selanjutnya sampai akhirnya pada pembentukan tingkah laku puncak yang diharapkan.
Teori ini yang melahirkan adanya Teknologi Pembelajaran.
4.    Systematic behavior dengan tokohnya Hull
5.    Contiguous conditioning dengan tokohnya Guthrie

Teori belajar kognitif
1.    Teori Gestalt tokohnya Kofka, Kohler dan Wertheimer
Menurut teori ini adalah proses mengembangkan insight. (pemahaman terhadap hubungan antar bagian dalam suatu situasi permasalahan.
2.    Teori medan tokohnya Kurt Lewin
Belajar adalah proses pemecahan masalah.

Teori belajar Konstruktivistik
Tokoh dari teori ini adalah Piaget menurut dia bahwa pada dasarnya manusia sejak kecil sudah memiliki kemampuan untuk mengkonstruksi kemampuannya sendiri





0 komentar:

Posting Komentar