PROGRAM PASCASARJANA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN GARUT
UJIAN TENGAH SEMESTER
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
JAWABAN UTS PTI ANGKATAN 6
KODE UJIAN 16
NAMA : ASEP CAHYADIN, S.Pd
NIM : 11868005
1. Teknologi Informasi terdiri dari dua kata yaitu
Teknologi dan Informasi. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Teknologi berarti
metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, sedangkan Informasi yaitu
pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu. Teknologi Informasi (Information
Technology) biasa kita singkat dengan TI, IT atau Infotech. Menurut Haag
dan Keen (1996) ; Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu
anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan
pemerosesan informasi. Menurut Martin (1999) ; Teknologi
Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan
perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memperoses dan menyimpan informasi,
melainkan juga yang mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan
informasi. Sedangkan menurut Williams dan Sawyer (2003) ; mengungkapkan
bahwa Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan
komputasi(komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa
data, suara dan vidieo. Dari definisi-definisi para
ahli tersebut menunjukan bahwa teknologi informasi tidak terbatas pada
peralatan yang dipakai atau pada benda yang diberi nama computer tetapi juga
memerlukan teknologi lain yaitu Teknologi Telekomunikasi. Artinya bahwa
Teknologi Informasi tidak dapat dipisahkan dengan Teknologi Telekomunikasi yang
kedua-duanya saling berkaitan, maka Teknologi
Informasi merupakan gabungan dari Teknologi Komputer dan Teknologi
Telekomunikasi. Beberapa peranan dan manfaat Teknologi Informasi
- TI memiliki effek besar dan dampak signiifikan
- TI mempengaruhi struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegatan.
- TI mempengaruhi banyak aspek pekerjaan / organisai.
Disamping peran dan manfaat
diatas Teknologi Informasi memiliki Tujuan untuk memecahkan masalah, membuka kreativitas, effektivitas, dan efesiensi dengan
Prinsip High Tech…High Touch.
Teknologi
Informasi memiliki beberapa Fungsi diantaranya
- Menangkap (capture).
- Mengolah (processing)
- Menghasilkan (generating)
- Menyimpan (storage)
- Mencari kembali (retrieval)
- Melakukan Transmisi (transmition)
Dan hal yang bisa kita
dapatkan dari Teknologi Informasi dengan keuntungannya yaitu speed, consistency, precision, reliability.
2. Secara bahasa komputer berasal
dari bahasa latin, computare yang
artinya menghitung. Seiring dengan perkembangan jaman, definisi computer secara
umum adalah alat yang dipakai untuk menghitung dan mengolah data dengan cepat
sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori. Menurut Hamacher computer adalah mesin hitung elektronik yang
cepat dengan menerima informasi input digital dan menghasilkan output berupa
informasi. Sedangkan Sanders (1985); computer
adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data
input, memperosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi
yang tersimpan dalam memori. Pada mulanya computer di artikan sebagai alat atau
mesin penghitung, tetapi dengan berkembangnya jaman dan kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi computer berubah fungsi menjadi multifungsi sebagai
pengolah data dan informasi untuk mempermudah pekerjaan manusia. Jadi computer adalah
mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah
data menjadi informasi.
gambar seperangkat komputer dan alat lain yang mendukungnya
3. Piranti atau bisa juga perangkat
adalah bagian-bagian dari computer yang menyusun menjadi satu kesatuan dengan
fungsi-fungsi khusus dan berbeda-beda. Piranti computer terbagi menjadi dua
bagian:
- Piranti/perangkat keras;
- Perangkat lunak;
Perangkat keras atau hardware terbagi menjadi Piranti masukan
(input device) dan Piranti Keluaran (output device). Piranti masukan (input
device) berhubungan dengan proses perekaman dan cara pemasukan data kedalam system
computer dengan cara memberi perintah ke computer, contoh:
Keyboard fungsinya untuk
pengetikan
Sedangkan Piranti
Keluaran (output device) adalah piranti yang berhubungan dengan proses keluaran
data dan informasi yang memungkinkan pengguna bisa melihat atau mendengarkan
hasil dari proses-proses masukan (input devices) contoh :
Monitor fungsinya gambar dan vidieo
:
Perangkat Lunak atau
biasa disebut software adalah program
yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data. Program
itu sendiri berarti deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer
sehingga dapat melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki. Macam-macam software :
- Software komersial
- Software domain public
- Shareware
- Rentalware
- Free software
- Free ware
- Open source
Software juga
dikelompokan menjadi dua bagian yaitu :
a. Software atau perangkat
lunak aplikasi yaitu program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan
tugas-tugas spesifik, misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau
membuat laporan keuangan
Contoh winamp
b. Software atau perangkat
lunak system yaitu program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya computer,
baik yang bersifat internal (misalnya RAM) maupun eksternal (misalnya printer)
kedudukan program ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan
perangkat keras computer
Contoh : windows 7
4. Pemograman berasal dari
kata program yang berarti kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya
disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program). Pemograman
adalah urutan perintah yang disusun sedemikian rupa, sehingga computer dapat
melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai. Didalam pemograman ada
istilah bahasa pemograman atau sering diistilahkan dengan bahasa computer yang
berarti teknik komando/instruksi standar untuk memerintah computer. Bahasa pemograman
inii merupakan suatu set atau atau aturan sintaks
dan semantic yang dipakai untuk mendefinisikan computer. Bahasa ini
memungkinkan sesorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang
akan diolah computer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan dan jenis apa
saja secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Sedangkan sejarahnya
perkembangan bahasa dalam computer terbagi menjadi lima generasi yaitu :
- - Generasi I bahasa mesin menggunakan kode-kode biner ( O dan I ) dengan basis dasar transistor On=1 dan off=O.
- - Generasi II Low Level Langguage yaitu penyempurnaan bahasa mesin yang sudah memasukan unsure bahasa Inggris meskipun dalam bentuk singkat.
- - Generasi III High Level Language yaitu bersifat machine independent dengan bahasa pemograman aras tinggi seperti basic, cabol,PL/1, pascal, algol, prolog dan lain-lain
- - Generasi IV bahasa deklaratif, bahasnya sudah jauh lebih mudah ditulis dengan instruksi bahasa percakapan sehari-hari.
- - Generasi V object oriental language yaitu bahasa disebut murni OO bahasa karena segala sesuatu didalamnya diperlakukan secara konsisten sebagai sebuah object.
Untuk langkah-langkah
pemograman yaitu :
- Mendefinisikan
- Mengimplementasikan
- Mengkompulasi
- Menguji
- Dokumentasi
- Pengmbangan
5. Multimedia terdiri dari
dua buah kata yaitu multi yang berarti banyak atau bermacam-macam sedangkan
media berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Arti
multimedia adalah sebagai penggunaan beberapa media yang digabungkan untuk
menyampaikan informasi atau juga perpaduan yang harmonis antar berbagai media teks,
gambar, audio, animasi secara sinergis untuk membantu mencapai tujuan berbagai
kegiatan. Istilah multimedia asalanya berawal dari teater bukan computer yaitu
pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium dan seringkali disebut
pertunjukan multimedia. Menurut Hofstetter (2001): multimedia dalam konteks computer adalah pemanfaatan computer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dengan menggunakan tool
yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Hubungan
multimedia dengan bidang pembelajaran adalah bahwa media dalam pembelajaran
memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan
guru terhadap siswanya yang bisa dilakukan dengan media persentasi dan
multimedia interaktif. Proses pembelajaran dapat menerapkan multimedia sebagai
alat dalam pencapaian tujuan. Salah satu alasan kenapa mutu pendidikan di
Indonesia rendah dikarenakan motivasi belajar siswa yang rendah karena pada
saat proses pembelajaran guru kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif. Media
pembelajaran berarti sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
dan ketika media ini dipergunakan oleh para guru maka akan tercipta
pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Tiga hal trend pemanfaatan untuk
media diantaranya; terintegrasi,
konfergensi dan interaktif.
6. Internet adalah jaringan
computer yang saling terhubung keseluruh dunia dimana didalamnya terdapat
berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis
bahkan sampai ke yang interaktif. Menurut Lani Sidharta, (1996) ; bahwa secara fisik internet adalah interkoneksi
antar jaringan computer namun secara umum internet harus dipandang sebagai
sumber daya informasi. Isi dari internet adalah informasi yang dapat
dibayangkan sebagai suatu data base atau perpustakaan multim dan edia yang
sangat besar lengkap dan dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain(dunia maya)
karena hamper semua aspek kehidupan didunia nyata ada di internet. Sejarah lahirnya
internet diawali tahun 1967-1972 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat
melalui proyek ARPA atau ARPANET. Awalnya internet merupakan jaringan computer
antar lembaga ini dengan mendemonstasikan hardware dan software computer yang
berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak hingga melalui
saluran telepon. Beberapa akses internet yang bisa didpatkan:
a . Akses internet dial up
b . Akses internet ADSL
c . Akses internet mobile
d . Akses internet wireless
e . Akses internet hotspot
Internet kaitannya
dengan pembelajaran merupakan jembatan yang meng hubungkan dinamika keilmuan
artinya bahwa setiap materi bisa didapatkan dengan mudah, cepat, akurat dan
lengkap dari berbagai sumber yang ada. Sebagaimana kita ketahui bahwa
kelengkapan sumber informasi konvensional (perpustakaan) masih rendah
dibandingkan dengan Negara-negara lain. Bahwa internet adalah salah satu solusi
untuk mengakses informasi dan keilmuan keberbagai sumber. Dengan internet
sebagai media pembelajaran guru dan siswa dapat berkomunikasi dan menemukan
berbagai tambahan informasi lainnya dari materi-materi yang telah dipelajari. Dengan
internet juga para siswa bisa diajak keliling dunia tanpa harus keliling yang
sebetulnya hanya cukup dengan browsing dan mengakses apa yang dibutuhkan. Sisi positive
dan negative pasti ada tetapi peran gurulah yang paling dominan dalam
membimbing anak-anak siswa dalam menggunakan internet.
7. TOUCHPAD adalah piranti
penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor
dengan cara menggeserkan tangan diatasnya. Touchpad banyak digunakan pada computer
jenis laptop karena tak memerlukan tempat kerja yang luas. Contoh Gambar
SCANNER adalah piranti
yang dapat mengambil masukan data, gambar, foto bahkan juga tulisan tangan yang
hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan didalam
disk.
Contoh Gambar
BOOLEAN SEARCHING
OPERATOR adalah salah satu cara pencarian informasi dengan menggunakan kata
kunci AND, AND NOT, OR, artinya mesin
pencari akan mencari informasi berdasarkan Kata kunci AND dan page yang
mengikuti AND NOT akan diabaikan.
CPU merupakan singkatan
dari Central Proccesing Unit kalau kita alih bahasakan yaitu Unit Pengolah
Pusat. Sepertinya bahasanya kurang pas tapi biasanya kita menyebutnya dengan
processor. CPU adalah otaknya computer, merupakan bagian dari perangkat keras
yang tugasnya melakukan pemerosesan aritmatika dan logika serta pengendalian
operasi computer secara keseluruhan. CPU ini terdiri dari dua bagian yaitu ALU(arithmetic
logical unit) sebagai pusat pengolah data dan CU(control unit) sebagai
pengontrol kerja computer.
Gambar
SUMBER :
- MATERI PERKULIAHAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
OLEH DR H HUDIANA HERNAWAN, M.Si
0 komentar:
Posting Komentar