KOMPUTER
UNTUK PENDIDIKAN
Sejarah
Singkat Tentang Komputer
Dijaman
modern ini semua pekerjaan dilakukan dengan menggunakan satu alat yang
dinamakan dengan komputer. Anda tentu tidak asing lagi bila mendengar kata
‘komputer’. Sebuah benda 'ajaib' yang bisa menampilkan apa saja. Komputer seolah
sudah menjadi denyut nadi kehidupan manusia. Seperangkat benda ajaib yang
sistemik ini pertama kali dibuat oleh Howard H. Aiken pada 1937.
Secara
bahasa, kata komputer berasal dari bahasa Latin, computare, yang
artinya menghitung. Seiring dengan perkembangan zaman,
definisi komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk menghitung dan
mengolah data dengan cepat sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori.
Pada
1646, orang banyak mengartikan kata komputer dalam bahasa
Inggrismerujuk pada orang yang yang menghitung. Kemudian, pada 1897,
kata tersebut mengarah pada pengertian alat hitung mekanis.
gambar -gambar komputer masa lalu
keinginan mempunyai komputer mesin tik dan tv butut pun jadi seperti perangkat komputer
Bagian–bagian Komputer
Didalam
komputer terdiri dari dua perangkat utama, yaitu hardware (perangkat
keras) dan software (perangkat lunak). Apa itu hardware dan apa itu software, hardware atau biasa disebut
perangkat keras menurut H Hudiana adalah peralatan disistem computer yang terlihat
dan dapat dijamah, dengan kata lain hardware
adalah alat-alat atau benda-benda yang tersusun sebagai bagian dari komputer. Sedangkan
software adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Hardware (perangkat keras) terdiri atas:
CPU atau Central Prosessing Unit, merupakan bagian yang mengolah
data. Di dalam CPU terdapat:
1. Motherboard atau mainboard.
2. Processor.
3. Hard Disk.
4. Power Supply.
5. VGA Card.
6. Sound Card.
7. Kabel ATA/SATA.
8. Memory Card.
9. Monitor, analog, dan digital.
10. Keyboard.
11. Mouse.
gambar bagian-bagian komputer
bagian 1
bagian 2
Sedangkan Software (perangkat lunak) terdiri atas:
Sistem Operasi (OS atau Operating System), merupakan program dasar
komputer yang berfungsi sebagai penghubung hardware. Sistem operasi
tersebut yang umum digunakan di antaranya: Linux, Windows,
Mc OS. Bagian–bagian sistem operasi terdiri dari:
·
Kernel, inti sistem operasi.
·
Boot, tempat meletakkan kernel dalam memori.
·
Command
Interpreter atau pembaca input.
·
Pustaka, kumpulan fungsi dasar yang
dapat ditarik oleh aplikasi lain.
·
Driver, berfungsi untuk berinteraksi dengan hardware dan
mengontrolnya.
Program Komputer, merupakan aplikasi tambahan dalam sistem operasinya.
Jenis Komputer
Berdasarkan data yang diolah, jenis
komputer terbagi atas:
1. Komputer analog; sifatnya mengolah data secara paralel dan
kontinyu, datanya berupa angka–angka seperti data tentang arus listrik,
kecepatan angin, gelombang suara, temperatur, dan lain-lain.
2. Komputer digital; komputer operasi hitung dengan proses
aritmatik dan logika. Contohnya, calculator dan IBM PC.
3. Komputer hibrid; menggabungkan komputer analog dan digital.
Komputer ini biasa digunakan sebagai pengendali robot pekerja di
pabrik
Sebagai media tutorial, komputer
memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri
serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi interaksi
komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan
manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang
masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan,
ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai
soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika. Yang
terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat
memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam
pengembangannya.
Sebelum
memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun guru seharusnya dapat
memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0 -2 tahun anak
mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2 – 7 tahun anak
mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7
– 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan
obyek yang tampak langsung olehnya.
Sepertinya dua dekade kedepan anak-anak kita mainannya seperti ini :
Yang saat ini
perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara
memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan
program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan
antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program
(software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan
menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik
anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar
(Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung
perangkat multimedia.
Selain program
aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet
memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi
dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di
samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat
menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi
(download).
Untuk
perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference” (Konferensi
interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan
dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang
belajar serta tidak mengenal letak geografis. Harapan-harapan ini mungkin
terwujud diwaktu yang akan datang yang akan dirasakan oleh anak cucu kita. Dengan
perkembangan yang cukup cepat maka pastinya dunia pendidikan kita akan berganti
dari yang manual menjadi digital.
Admin
: asepcahyadin@gmail.com
pa,,???
BalasHapuswilujeng boboran siam kanu anu di foto
BalasHapus